Posts tagged: Islam

Sep 25 2010

Dakwah via twitter, batasan dan tantangannya

Dahulukan puasa qadha (bayar hutang) krn yg wajib harus didahulukan dari yg sunah atau gabunglah kedua niat.
(dikutip dari twitnya Pak Quraish Shihab – permanent link)

efahmi quraishshihab puasa 300x199 Dakwah via twitter, batasan dan tantangannya islam

Pengetahuan agama saya belum seluas dan sedalam pengetahuan Pak Quraish Shihab. Twit beliau itu bikin saya mikir, apa iya niat puasa wajib dan puasa sunah bisa digabung? Masak puasa ramadan bisa digabung dg puasa syawal dalam sekali jalan? Kok enak? Lha kalo dikerjakannya tiap hari senen dan kamis, malah bisa jadi paket hemat 3 in 1.

Kemudian, situasinya adalah twit tersebut banyak di-retweet banyak follower. Mungkin lebih banyak lagi di-retweet oleh followernya follower, dan seterusnya. Masalahnya, apa mereka ngerti maksud kalimatnya Pak Quraish Shihab itu? Apakah mereka mau googling dulu sebelum retweet? Faktanya, banyak pengguna twitter itu panasan dan reaktif.

Twitter itu terbatas 140 karakter. Sedangkan material puasa yg sempat disebut oleh Pak Quraish Shihab itu panjang bahasannya. Saya pikir ini potensial memicu debat panjang lebar yg makan banyak resource, apakah manfaatnya lebih besar dari itu? Nggak tau.

Sep 26 2009

Kamera Seluler?

efahmi ampel ramadhan Kamera Seluler? story photography

PADAT: Suasana kampung Ampel, Surabaya, pada 10 malam terakhir ramadhan 2009.

Setiap tahun pada bulan Ramadhan, Masjid Ampel selalu dipadati jamaah pencari pahala. Tidak hanya penduduk di sekitar masjid yg antusias memburu malam seribu bulan, tapi banyak juga rombongan yg datang dg bus antar kota bahkan antar provinsi. Efek sampingnya, ikut menggairahkan sektor ekonomi di sekitar lingkungan masjid. Perputaran kas jadi amat deras.

efahmi aghofur ngaji Kamera Seluler? story photography

GURU: Profil guru bukan hanya harus pintar mengajar, tapi perlu menjadi teladan anak2 didiknya.

Pak Gempur adalah contoh yg baik untuk murid2nya. Tidak hanya total mengabdi pd dunia akademik, di luar kelas pun beliau memberi contoh bagaimana menjadi hamba tuhan yg taat. Contoh hidup yg seimbang antara urusan dunia dan akhirat.

Malam itu Pak Gempur melakukan I’tikaf di Masjid Al-Akbar Surabaya. Sholat, dzikir, doa, bacaan ayat2 suci Al-Qur’an, hingga diskusi masalah agama menghiasi malamnya. Tidak ada waktu terbuang percuma, tidak ada hal yg sia sia.

Read more »

Sep 20 2009

posting lebaran

selamat hari raya idul fitri, 1 syawal 1430h.

mohon maaf lahir dan batin

taqobbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum
semoga allah menerima (amal) dari kami dan (amal) dari kalian (dan juga menerima) puasa kami dan puasa kalian

ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin wal fa’izin
semoga allah menjadikan kami dan juga kalian (termasuk) dari (golongan orang2) yang kembali (kepada fitrah) dan yang menang (melawan hawa nafsu)

mohon maaf lahir dan batin

selamat lebaran
selamat liburan
selamat mudik
dan selamat makan… icon smile posting lebaran islam

Aug 03 2009

Catatan perjalanan menuju masjid

Kalo kita baca Al-Qur’an, betapa banyak Allah menyindir kita dg kalimat2: afalaa ta’qiluun (apakah kalian tidak berakal?), afalaa yandzuruuna (apakah kalian tidak melakukan observasi?), afalaa yatafakkaruun (apakah kalian tidak berpikir?), dan sebagainya. Nah, ceritanya tadi pagi aku dikasih isyarat buat bahan pemikiran, penampakan orang jogging.

Inspirasi: penampakan orang jogging

Pas berangkat ke masjid tadi pagi, aku liat orang jogging. Sekali lagi, pas berangkat ke masjid, bukan dalam perjalanan pulang dari masjid. Itu sekitar 04:15an gitu, padahal sekarang ini Surabaya sedang dingin kalo pagi, jalanan juga masih gelap. Kalo dipikir2, itu jogger pasti punya motivasi luar biasa yg mampu membangunkan dia dari amat nikmatnya melungker dalem selimut.

Nah dalam perjalanan pulang dari masjid, sekitar 05:00an, lapangan parkir mal galaxy sudah rame orang2 olah raga. Di jalan juga terlihat ada orang yg sudah rapi dg pakaian kerjanya. Di lain kesempatan, ada yg ngajak anjingnya lari2 cari udara segar. Orang2 yg rajin, dan sehat tentu saja.

Orang2 pagi itu orang2 yg disiplin, orang2 yg hebat bisa bangun pagi demi badan yg sehat, demi bisnis/pekerjaan mereka dan demi uang, bahkan demi anjingnya. Jadi ya wajar kalo orang2 itu adalah orang2 yg berhasil di dunianya. FYI: penduduk di sekitar mal galaxy banyak yg pengusaha, dan dari sifat rajinnya itu, nampak menghasilkan sukses pd apapun bisnis mereka, dan kemakmuran hidup.

Referensi ayat Al-Qur’an dan Hadis

efahmi alisraa ayat 78 79 Catatan perjalanan menuju masjid islam

Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah2an tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
(Surat Al-Isroo’ ayat 78-79)

Dua rakaat fajar (sholat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.
(HR Muslim)

Analisa & Pembahasan

Aku dulu pernah ngajak sejumlah teman buat sholat tahajud. Supaya diangkat ke tempat yg terpuji seperti yg dijanjikan Allah di surat Al-Isroo’ ayat 79 itu. Yg aku luput, waktu itu aku cuman ngambil referensi ayat 79, lupa mempelajari ayat 78-nya. Padahal di ayat 78 itu diperintahkan duluan untuk sholat subuh, baru kemudian di ayat berikutnya ada perintah sholat tahajud, sbg suatu ibadah tambahan.

Nah, semulia apapun sholat tahajud itu, tahajud cuman sebagai ibadah tambahan. Sedangkan sholat subuh hukumnya wajib. Mana yg lebih penting?

Di hadis di atas juga tersebut dua rakaat fajar (sholat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya. Artinya apa? Lha kalo yg sunnah aja lebih baik dari dunia dan seisinya, gimana dg yg wajib? Sholat subuh lebih penting. Dan lebih oke lagi kalo ikut berjamaah di masjid.

Ada referensi lain:

efahmi attaubah ayat 18 Catatan perjalanan menuju masjid islam

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.
(Surat At-Taubah ayat 18)

Sesungguhnya sholat yg paling berat bagi orang munafik adalah sholat isya’ dan subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yg terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dg merangkak.
(HR Al-Bukhari dan Muslim)

Lha, memang bangun buat sholat subuh tepat waktu itu bukan perkara remeh, apalagi yg abis lembur malem sebelumnya, berat. Tapi coba dipikir2, sholat subuh memang ditetapkan demikian sbg ujian buat orang2 Islam: Sholat subuh itu nggak panjang, cuman dua rakaat, tapi waktunya sempit dan nggak bisa digeser2. Kalo sholat lain memungkinkan di-jama’ pada kondisi musafir, sholat subuh enggak. Dari sholat subuh itulah harusnya orang Islam belajar disiplin. Dari sholat subuh juga kita bisa belajar hidup sehat.

efahmi jamaah subuh manarul ilmi Catatan perjalanan menuju masjid islam

Sayang, fakta yg ditemui di masjid: jamaah sholat subuh itu sepi, paling cuman satu shaf aja. Dua baris paling banter. Lumayan memalukan kalo nengok ke komunitas olah raga yg rame dan penuh semangat itu. Orang2 yg rajin bangun pagi untuk kesehatannya, untuk pekerjaan/bisnisnya, bahkan untuk anjingnya. Untuk urusan dunianya.

Kemudian, selain dari referensi At-Taubah ayat 18 itu, ikut berjamaah di masjid punya nilai lebih yg bukan sekedar dilipat 27-kan pahalanya saja. Ada hal2 positif lain dari sholat di masjid, detailnya sudah dijelaskan secara empiris di bukunya Agus Mustofa, Pusaran Energi Ka’bah (seri ke-1 diskusi tasawuf modern).

Pertanyaan

Jadi gimana ya caranya menggalang massa untuk meramaikan masjid pas subuh? Karena subuh adalah momen paling masuk akal untuk ikut meramaikan masjid, karena kalo sudah siang orang banyak urusan. Bahkan bisa lembur sampek malem.

Dec 26 2008

wudhu itu sehat

pada kondisi normal, setiap muslim punya kewajiban berwudhu tiap hari. paling tidak untuk memenuhi syarat suci ketika mengerjakan sholat. tapi apa kamu tau bahwa ada manfaat medis lain dari wudhu?

blogdokter.net pernah berbagi info kesehatan tentang untung ruginya kotoran telinga. disana dijelaskan bahwa kotoran telinga bisa jadi masalah kalo keras/kadar airnya kurang. subhanallah, ternyata wudhu itu juga bermanfaat menjaga kelembaban serumen.

masih di bahasan telinga saja, abu sangkan juga ikut berbagi informasi di bukunya “pelatihan shalat khusyu’ – shalat sebagai meditasi tertinggi dalam islam”. di halaman 75-76 abu sangkan menyebut pijatan pada telinga bisa jadi terapi menurunkan emosi.

tambah lagi prof. h. m. hembing wijayakusuma juga bilang kalo telinga terdiri dua satuan fungsional, yaitu sebagai alat pendengaran dan sebagai bagian dari sistem keseimbangan tubuh. dengan membersihkan telinga setiap saat, akan mengasilkan rasa lebih sensitif terhadap getaran suara yang ditangkap oleh sel2 pendengaran yg berbentuk rambut2 halus. bahkan jika dilakukan dengan benar, getaran gelombang pd frekwensi 20.000hz – 30.000hz akan dapat tertangkap dg baik. tetapi hal ini sulit dilakukan jika jiwa tidak tenang, karena frekwensi ini berasal dari gelombang yg paling halus (tinggi). hanya dengan melatih jiwa berdzikir kepada allahlah kehalusan rasa kita akan tercapai.

jadi, wudhu itu sehat. padahal ini baru mbahas soal telinga aja lho. kalo mau tau manfaat lainnya ya monggo silakan pelajari itu bukunya abu sangkan. best seller di macem2 toko buku.

eh tapi, kalo berwudhu, please jaga debit air pancurannya, nggak pernah diajarkan berwudhu dg berboros air.

Dec 25 2008

logika agama

logika logika agama book

buku ini sebenernya kompilasi ato rangkuman beberapa pemikiran quraish waktu beliau masih sekolah di mesir sono. topik yg dibahas antara lain: perubahan dan evolusi (ini menyangkut agama dan ilmu pengetahuan), islam dan akal, dan jalan pencerahan diri.

http://mimimama.blogspot.com/2005/12/logika-agama_07.html

Dec 25 2008

jum’atan

jaman dulu, tiap kali jumatan kita mesti dapet materi khotbah yg begitu2 aja, tingkatkan takwa, jaga diri dari perbuatan munkar, perbanyak amal sholeh, bla bla blah… selalu mengingatkan ajaran2 yg sudah jaman SD dulu. nggak ada yg salah dg materi khotbah macem gitu, memang yg namanya manusia sering khilaf, butuh terus diingatkan. tapi kalo bertahan seperti itu aja, kapan bisa belajar sesuatu yg baru?

di manarul ilmi karena yg ngomong ilmuwan, beberapa kali saya denger pemikiran2 baru, pertanyaan2 kritis yg menarik bin cihuy. coba perhatikan beberapa pertanyaan lugu ini: kita diperintahkan ber-wudhu dg air supaya bersih dari hadast. tapi kenapa kalo nggak ada air justru ber-tayamum pake debu? apa nggak tambah kotor? katanya ajaran islam itu mempermudah, bukan mempersulit. lha kalo gitu, kalo pas nggak ada air kenapa nggak boleh nggak usah wudhu aja sekalian? toh yg penting niatnya sudah baik. ini mungkin pertanyaan dari anak kecil yg spontan aja keluar waktu liat ayahnya ber-wudhu. tapi mungkin sang ayah nggak bisa dg gampang ngasih jawaban.

http://mimimama.blogspot.com/2005/12/jumatan.html

Dec 25 2008

A brief history of Ampel Denta

ampel denta A brief history of Ampel Denta travelog islam food

The Great Mosque of Sunan Ampel

With ancient javanese architectural style, it uses three leveled roof, unlike the one in middle east and eastern europe, it doesn’t have any dome. Supported by 16 pillars of teak wood, 17m in length and 60cm in diameter. The amazing thing about these wooden pillars is that they stand ‘without any brace’, causing unsolved mystery up until today: How to transport those gigantic logs to Ampel when all transportation and construction means were still unsophisticated at that time?

More about Ampel Denta here:
http://mimimama.blogspot.com/2007/12/brief-history-of-ampel-denta.html

WordPress Themes